:: How to make more money in 30 minutes a day than most people make working full time. Detak News Time 2017 :: KPK: 14 Nama yang Kembalikan Uang Tak Diumumkan Karena Kooperatif - Detak News Time

Blog Archive

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Wednesday, March 15, 2017

KPK: 14 Nama yang Kembalikan Uang Tak Diumumkan Karena Kooperatif

 

 Foto Ilustrasi

Detak - Jakarta - KPK enggan membeberkan 14 nama orang yang mengembalikan uang hasil korupsi proyek e-KTP. Menurut KPK, mereka telah kooperatif membantu proses penyidikan.

"Untuk 14 nama, memang tidak kita buka semuanya karena mereka adalah orang-orang yang mengembalikan uang dan memberikan keterangan secara kooperatif kepada KPK," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2017).

Namun, dalam proses persidangan nanti, Febri menyebut nama-nama itu akan diungkap. Jaksa KPK nantinya akan mengkonfirmasi kembali pengakuan mereka di hadapan majelis hakim.

"Namun, dari persidangan demi persidangan, kita akan melihat siapa saja pihak yang relatif punya iktikad baik untuk mengembalikan uang tersebut," kata Febri.

Dalam kasus ini, jaksa pada KPK mendakwa eks Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman dan eks Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sugiharto melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2013.

Penyimpangan pengadaan e-KTP dimulai dari proses anggaran, lelang, hingga pengadaan e-KTP. Dalam perkara ini, Irman didakwa memperkaya diri sebesar Rp 2.371.250.000, USD 877.700, dan SGD 6.000. Sedangkan Sugiharto memperkaya diri sejumlah USD 3.473.830.

Dalam perkara itu, KPK menyebut Irman dan Sugiharto melakukan korupsi bersama-sama dengan Andi Agustinus alias Andi Narogong selaku penyedia barang dan jasa pada Kemendagri, Isnu Edhi Wijaya selaku ketua konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia atau PNRI, Diah Anggraini selaku Sekretaris Jenderal Kemendagri, Setya Novanto selaku Ketua Fraksi Partai Golkar, dan Drajat Wisnu Setyawan selaku ketua panitia pengadaan barang dan jasa di lingkungan Ditjen Dukcapil tahun 2011.[dtk]

0 on: "KPK: 14 Nama yang Kembalikan Uang Tak Diumumkan Karena Kooperatif"

BTCClicks.com Banner