:: How to make more money in 30 minutes a day than most people make working full time. Detak News Time 2017 :: Produsen Mobil Nasional Ciptakan Pasar Sendiri - Detak News Time

Blog Archive

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Wednesday, March 8, 2017

Produsen Mobil Nasional Ciptakan Pasar Sendiri

 

 Produsen Mobil Nasional Ciptakan Pasar Sendiri

detak - Cimahi - Perkembangan mobil asli Indonesia, Fin Komodo, memang patut diapresiasi. Di tengah minimnya dukungan pemerintah dan pemilik modal, Fin Komodo mampu bertahan mengarungi turbulensi yang menimpa selama hampir 12 tahun berkarya.

Melalui Presiden Direktur Fin Komodo Ibnu Susilo, Komodo menyadari masih kurangnya pengetahuan masyarakat akan produk mereka.

"Sebenarnya pasar saat ini kita yang ciptakan. Karena pasar belum mengenal kita. Makanya kita harus mengedukasi," ungkap Ibnu pada detikOto, di pabrik Fin Komodo, Cimahi, Jawa Barat.

Ibnu berujar bahwa meski pertumbuhannya belum begitu signifikan, hal itu sudah merupakan sinyal positif. "Peningkatan penjualannya sudah terasa walaupun masih sedikit. Tapi cukup untuk kami. Karena kan kami masih kecil," jelasnya.

Lebih lanjut Ibnu bercerita mengenai jatuh bangun perkembangan mobil pedesaan tersebut, baik ketika produksi merosot maupun ketika mencapai level tertinggi penjualan. "Saat ini kita belum bisa persentase, tapi kita merasa ada kenaikan. Walaupun tahun 2014 kita sempat mengalami penurunan waktu pilpres. Tapi puncaknya itu di tahun 2016, kita penjualannya lumayan," katanya.

Jika dilihat dari data penjualan, memang Fin Komodo mengalami progress yang cukup signifikan. Pada tahun pertama produksi, mereka hanya mampu menjual 1 unit dalam setahun. Kini, produksi setahun bisa mencapai 120 unit. Ibnu bahkan membeberkan bahwa produk Fin Komodo sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

"Dari Sabang sampai Merauke sudah ada. Afrika sudah ada, Malaysia juga. Itu yang ekspor dari buyernya. Kita jualnya FOB (Factory on Board) asli Cimahi, jadi harganya di situ, penyerahannya juga di situ," pungkas Ibnu.

Fin Komodo mulai riset di tahun 2005, setahun kemudian mulai desain, dan baru 2007 ada model pertama Komodo. Lebih lanjut Ibnu mengungkapkan bahwa proses produksi mobil Fin Komodo baru benar-benar dilaksanakan pada tahun 2011.

"Nah dari situ sampai 2011 kami sudah mendapatkan yang paling bagus. Jadi hitungannya untuk masuk ke pasar, untuk dipakai mass production ya tahun 2011," tutur Ibnu. (ddn/ddn)[dtk]

0 on: "Produsen Mobil Nasional Ciptakan Pasar Sendiri"

BTCClicks.com Banner